Rencana Wuling Indonesia Untuk Mobil Listrik dengan Harga Bersahabat

17 September 2023 17:42 WIB·35
wuling-air-ev-versi-murah-meluncur-harga-rp-180-jutaan-aja-5.jpeg

KuatBaca.com - Wuling Indonesia, salah satu produsen otomotif terkemuka, tampaknya tengah berupaya memperkuat posisinya di pasar mobil listrik dengan harga yang terjangkau.

Sebulan yang lalu, perusahaan memperkenalkan Air ev Lite, sebuah kendaraan listrik dengan harga yang sangat kompetitif di pasar, yaitu Rp 188 jutaan setelah mendapatkan pemotongan pajak. Namun, banyak pihak bertanya-tanya apakah Wuling berencana untuk meluncurkan model lain dengan harga yang serupa atau bahkan lebih murah.

1. Dorongan Menko Luhut

Sebagai latar belakang, Wuling sebelumnya telah mendapat dorongan dari Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, untuk menyajikan mobil listrik dengan harga di bawah Rp 200 juta tanpa memerlukan potongan pajak. Harga semacam itu tentunya bersaing dengan mobil kategori LCGC yang sudah ada di pasaran.

Menanggapi hal tersebut, Dian Asmahani, Direktur Pemasaran Wuling Indonesia, menyatakan bahwa pihaknya masih berkonsentrasi penuh pada pemasaran Air ev, khususnya varian Lite.

"Untuk saat ini, kami masih fokus pada Air ev," tutur Dian ketika ditanya mengenai potensi peluncuran model listrik baru dengan harga di bawah Rp 200 juta.

Namun, Dian juga tidak menutup peluang bahwa Wuling mungkin akan memperkenalkan model mobil listrik lainnya dengan harga yang bersahabat untuk masyarakat Indonesia. Menurutnya, pasar kendaraan listrik di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk berkembang.

"Kami memang memiliki Air ev saat ini, namun di masa depan, kami percaya mobil listrik memiliki prospek yang cerah. Tentunya kami akan terus mempertimbangkan model lain untuk diperkenalkan," ungkapnya.

Meski begitu, Dian masih belum dapat memberikan rincian spesifik mengenai model atau jadwal peluncuran.

2. Ambisi Wuling Di Pasar Mobil Listik

Mengenai strategi perusahaan di segmen ini, Yan Kaili, Vice President Wuling Indonesia, beberapa waktu lalu mengungkapkan ambisi Wuling untuk semakin memperkuat kehadiran di pasar mobil listrik dengan harga terjangkau. Ia berharap produk-produk terbaru dari Wuling bisa diakses oleh lebih banyak lapisan masyarakat.

"Kami berencana untuk memperkenalkan lebih banyak model mobil listrik yang terjangkau. Kami berharap dengan menyediakan produk berkualitas dengan harga menarik, permintaan pasar akan terus meningkat," papar Yan dalam acara Indonesia Sustainability Forum.

Jika Wuling benar-benar meluncurkan model mobil listrik dengan harga yang lebih kompetitif, hal ini tentunya akan memberikan dinamika baru di pasar otomotif Indonesia, khususnya di segmen kendaraan ramah lingkungan. Seiring dengan kebijakan pemerintah yang mendukung pengembangan mobil listrik, langkah Wuling ini tentunya sejalan dengan arah pembangunan berkelanjutan di Indonesia. (*)

otomotif

Fenomena Terkini






Trending