top ads
Home / Ekonomi / Penemuan Cadangan Migas Raksasa di Papua: Harapan Baru Bagi Indonesia

Ekonomi

  • 5

Penemuan Cadangan Migas Raksasa di Papua: Harapan Baru Bagi Indonesia

Penemuan Cadangan Migas Raksasa di Papua: Harapan Baru Bagi Indonesia
  • September 20, 2023

KuatBaca.com - Papua menjadi sorotan setelah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, memberikan bocoran mengenai penemuan signifikan di wilayah Warim. Kabar mengejutkan ini menyangkut cadangan minyak dan gas bumi (migas) dengan potensi hingga 27 miliar barel.


Penemuan ini dibeberkan oleh Luhut saat memeriahkan pembukaan Marine Spatial Planning and Expo Service 2023 yang digelar di Pullman Jakarta Central Park.


1. Area Konservasi


Dengan nada optimis, Luhut menyatakan bahwa keberadaan cadangan tersebut menunjukkan betapa kaya raya Indonesia dalam hal sumber daya alam, baik di daratan maupun perairan. Tak hanya di Papua, berbagai wilayah di Indonesia juga telah menyimpan "harta karun" serupa.


"Beberapa penemuan sebelumnya telah kita lakukan di Aceh dan Andaman, dimana kita menemukan cadangan gas alam. Masela juga menyimpan potensi yang hampir setara," ungkap Luhut.


Namun, meski menjadi kabar yang sangat menggembirakan, ada kendala yang perlu dihadapi. Warim terletak di Taman Nasional Lorentz, yang merupakan area konservasi.


Untuk itu, Luhut menyebutkan bahwa koordinasi intens telah dilakukan bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk mengatasi tantangan ini. Solusi yang tengah dipertimbangkan adalah melakukan pengeboran miring oleh PT Pertamina (Persero).


2. Peluang Besar Indonesia


Luhut berharap dengan potensi sumber daya alam yang melimpah, semangat nasionalisme masyarakat Indonesia akan semakin meningkat. Menurutnya, Indonesia memiliki peluang besar untuk menjadi negara maju asalkan semua potensi dioptimalkan dan dikelola dengan baik.


Selain migas, Luhut juga mengingatkan potensi besar yang ada di sektor kelautan.


"Kekayaan maritim kita sangat melimpah. Ada potensi besar dalam budidaya ikan yang belum kita maksimalkan. Kita harus lebih giat dalam mengelola potensi ini agar industri kelautan kita bisa lebih maju," pungkasnya.


Dengan serangkaian penemuan ini, Indonesia memang seharusnya tidak ragu akan kemampuannya untuk maju dan berkembang. Keseriusan dalam pengelolaan dan koordinasi yang baik antara pemerintah pusat dengan daerah menjadi kunci agar sumber daya alam bisa dimanfaatkan secara optimal bagi kemakmuran rakyat. (*)

side ads
side ads