Siapa Sangka Mantan Cleaning Service Toilet Ini Kekayaannya Capai Rp T

Oleh Kuatbaca - 23 September 2022 09:54

Jakarta -Perjalanan menuju kesuksesan memang tidaklah mudah. Hal ini juga dirasakan oleh Tony Robbins sebelum dirinya dikenal sebagai pelatih, motivator, dan salah satu pembicara termahal di dunia.


Siapa sangka, pria dengan kekayaan mencapai US$ 600 juta atau setara Rp 9 triliun (kurs Rp 15.000) ini dulunya hanya seorang pembersih toilet.


Dilansir dari Investors dan The Strive, Anthony Robbins lahir dengan nama asli Anthony J. Mahavorick, pada 29 Februari 1960 di Hollywood Utara California. Hubungan yang tidak stabil antara sang ibu dengan ayah tirinya membuat lingkungan keluarga yang keras bagi dirinya dan saudara-saudaranya.


Sebagai anak tertua dari tiga bersaudara lainnya, Robbins akhirnya harus bertanggung jawab terhadap kehidupan saudara-saudaranya. Sampai ada satu titik di mana Robbins harus kerja banting tulang di masa sekolahnya untuk membayar tagihan.


Namun, semuanya berubah saat ia menginjak usia 17 tahun. Pertengkaran besar terjadi antara Robbins dan ibunya hingga akhirnya ia memutuskan untuk keluar dari rumah.


Robbins adalah anak yang rajin. Saat SMP ia mengambil kursus membaca cepat dan membaca hampir 700 buku terkait psikologi dan pengembangan diri hingga waktu SMA.

Namun sayangnya, setelah lulus SMA ia tidak melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Ia lebih memilih melakukan pekerjaan kasar demi memenuhi kebutuhan hidupnya, yakni sebagai petugas kebersihan. Dari pekerjaan itu, ia mendapat US$ 40 (Rp 600 ribu) dalam seminggu.


Pada masa itu, ia bahkan pernah hampir tidak menghasilkan cukup uang untuk bertahan selama beberapa tahun. Meski demikian, pekerjaan itu memberikan banyak ruang baginya untuk berpikir dan mengembangkan dirinya.


Karena tuntutan ekonomi, ia akhirnya merambah ke bidang sales dengan menjual langganan musik dari pintu ke pintu. Pekerjaan ini pun mampu membuatnya menghasilkan US$ 3.000 atau setara Rp 45 juta dalam sebulan.


Tidak lama setelah itu, Robbins memulai karirnya dengan mempromosikan seminar untuk pembicara motivasi Jim Rohn. Jim Rohn adalah seorang penulis, pembicara motivasi sekaligus seorang pengusaha.


Seiring berjalannya waktu, Robbins termotivasi dengan penjelasan Jim Rohn seputar kebahagiaan dan kesuksesan hingga ia pun mulai melatih hidupnya. Ia diberikan kepercayaan sebagai anak didik Rohn, hingga diizinkan memimpin acaranya.


Beberapa tahun kemudian, pada awal 1980-an, dia bertemu John Grinder dan mereka menjadi mitra bisnis. Grinder dan Robbins sama-sama mengajar neuro-linguistic programming (NPL). Ia juga mengajar Ericksonian Hypnosis.


Ia pun berhasil menerbitkan buku besar pertamanya 'Unlimited Power' pada tahun 1987. Buku ini membahas topik-topik, seperti kesehatan dan energi, mengatasi ketakutan, komunikasi persuasif, dan meningkatkan hubungan pribadi.


Pada tahun 1988 Robbins merilis iklan pertamanya untuk menjual kaset audio swadaya Personal Power miliknya. Iklan ini dilihat 100 juta orang Amerika pada tahun 1991. Popularitas Robbins pun meningkat semenjak ia menjual program-programnya dalam bentuk buku dan iklan TV.


Usaha kerasnya selama bertahun-tahun pun membuahkan hasil. Beberapa tahun kemudian, tepatnya di 1997, ia meluncurkan program seminarnya sendiri yakni Akademi Kepemimpinan. Pada saat itu kekayaannya hampir membuatnya menjadi jutawan.


Kini, kiprahnya telah mendunia. Robbins telah menjadi salah satu Top 200 Business Gurus oleh Harvard Business Press. Ia terkenal karena seminar self-help, di mana ia membawa penonton melalui latihan untuk memperkuat keyakinan akan kebenaran mereka.




Sumber: https://finance.detik.com/sosok/d-6307345/siapa-sangka-mantan-cleaning-service-toilet-ini-kekayaannya-capai-rp--t?single=1


Tag :

pebisnistony robbins